Senin, 26 Maret 2018

Wisata Sumber Air Krabayakan Nan Asri di Lawang Malang

Tags

Kali ini admin akan menurunkan liputan tempat wisata air yang cukup terkenal di Lawang, Kabupaten Malang Jawa Timur. Tidak hanya di dunia nyata, di Google-pun tempat wisata tirta ini cukup dikenal oleh warganet.

Banner Selamat datang di Krabayakan

Ya, namanya Krabyakan, wisata ini memiliki banyak keunikan dan ke khasan seperti; sumber mata airnya yang seakan tidak pernah habis, pemandanganya yang asri serta berbagai fasilitas pendukungnya yang layak untuk anda kunjungi

Lokasi Pemadian Sumber Air Krabyakan
Wisata Air Sumber Krabayakan ini, terletak di kaki Bukit Bale dan masuk Desa Sumberngepoh Kecamatan Lawang Kabupaten Malang. Jika anda lihat pada Google Map, maka posisi dari tempat wisata tirta Krabyakan ini terletak di ujung Timur Kecamatan Lawang. Jaraknya dari Pasar Lawang Kab Malang sekitar 5,6 KM. Jika anda menggunakan mobil atau motor, butuh waktu sekitar 15 sampai 20 menit dari pasar Lawang.


Lokasi Sumber Mata Air Krabyakan pada Google Map

Rute Menuju Wisata Air Krabayakan

Untuk mencapai tempat wisata sumber mata air Krabayakan sampai saat ini belum ada angkutan umum yang secara khusus mengantarkan anda mencapai lokasi tersebut. Tetapi jika anda ingin ke tempat ini menggunakan alat transportasi pribadi, seperti motor atau mobil, akan dengan mudah sampai di tempat ini. Akan tetapi bagi wisatawan dengan rombongan besar yang menggunakan bis, maka anda hanya akan bisa sampai di pintu masuk dan anda perlu berjalan hampir 2 KM menuju tempat yang indah ini, karena jalannya tidak memungkinkan dilalui oleh kendaraan sebesar bis.


Jalan Menuju Krabayakan

Bagi anda yang pergi secara berombongan dan tidak membawa kendaraan sendiri, maka alternatifnya jika anda naik kereta api dan turun di Stasiun Lawang atau naik bus dan turun di Pasar Lawang, anda bisa carter Angkot LA yang berwarna hijau untuk mengantarkan ketempat ini. Untuk harga carternya untuk satu angkot dengan kapasitas sekitar 10 penumpang, maka mestinya tidak lebih dari 100 ribu untuk sekali antar. Jika anda ingin dijemput lagi maka anda bisa lakukan nego dengan sopir angkotnya.


Sungai dengan Air yang Jernih di sekitar Krabayakan


Bagi berwisata dengan rombongan kecil, anda bisa memakai taksi online, Grab atau Gocar, karena jaraknay hanya sekitar 6 km dari pasar Lawang maka tentu ongkosnya gak terlalu mahal. Kalau anda menggunakan ojek pangkalan tentu biayanya lebih mahal.

Sedangkan bagi yang memabawa kendaraan sendiri berikut rute perjalanannya


Jika Anda dari Surabaya

Pertama, Lewat Desa Sumber Porong , setelah anda masuk perbatasan Kota Lawang, setelah anda melewati Republik Telo, sebelum fly over anda belok kiri ke arah Rumah Sakit Jiwa Radjiman Wediodiningrat Lawang. Setelah melewati RSJ terus saja melewati perumahan Malang Anggun Sejahtera. Lanjutkan terus sampai melewati jembatan perbatasan desa sumber porong dan dusun barek Sumber Ngepoh. Kemudian terus saja ke arah selatan menuju Desa Sumberngepoh, sampai bertemu pertigaan yang disana tertulis ke kiri (Selatan) menuju Sumber Air Krabyakan dan terus (Barat) ke arah Kota/Pasar Lawang.


Rute Menuju Krayakan: Merah Melalui Sumber Porong, Biru Lewat Pasar Lawang

Kedua, Lewat Pandawaa Desa Mulyoarjo, jika anda sudah melewati fly over Lawang, setelah hotel Niagara ada jalan naik sedikit ke arah pasar Lawang, setelah itu ada pertigaan pertama, anda langsung belok kiri melewati Jalan Pandawa terus saja ke arah timur sampai anda menuju Desa Mulyoarjo dan dilanjutkan menuju Sumber Ngepoh sampai nanti Anda menjumpai pertigaan. Jika ke kanan (Selatan) anda akan menuju wisata air Krabayakan, jika terus anda akan menuju dusun Barek.


Jika Anda dari Malang

Setelah melewati pasar Lawang, terus saja anda menuju fly over, kemudian ambil jalur yang kiri (bukan naik) untuk putar balik angkutan LA, setelah itu terus saja kea rah pasar Lawang dan ikuti cara kedua di atas seperti ketika anda dari Surabaya.

Pintu Masuk Krabayakan



Keunikan Wisata Sumber Air Krabyakan Lawang

1. Perjalanan menuju wisata air krabyakan sangat indah – baik anda mengambil jalur pertama jika dari Surabaya ataupun jika dari Malang – karena anda akan melewati hamparan sawah yang indah dan hijau. Jika anda berangkat ke wisata krabayakan pagi hari sebelum jam 8 pagi maka anda akan menyaksikan indahnya pegunangan tengger di sebelah timur dan pegunungan arjuno di sebelah barat.


Air yang bening dari sumber mata air

2. Wisata air Krabyakan terletak dibawah kaki bukit. Kalau orang setempat menyebut bukit di atas tempat wisata itu dengan istilah Gunung mBale , mungkin sedikit kontras dengan kondisi bukit yang agak gundul karena pepohonan yang besar sudah mulai jarang, tetapi sumber mata air di bawah bukit itu sangat banyak sekali – saking banyaknya sumber air di sekitar tempat itu akhirnya menjadi sungai yang cukup deras dan airnya jernih sekali. Dan jika anda menyaksikan danau-danau kecil yang ada di lokasi tersebut anda akan merasa takjub dengan keajaiban banyaknya air yang melimpah yang dikaruniakan Allah .
Dan danau-danau kecil tadi dijadikan beberapa wahana rekreasi, mulai untuk pemandian bagi anak-anak, tempat terapi ikan, sepeda air, dan kolam yang airnya jernih. Anda pasti tak akan bosan bermain air disini.


Anda tak akan jenuh menghabiskan waktu di sini

3. Berlimpahnya sumber mata air dan tanahnya yang subur menjadikan banyak pepohonan yang cukup rindang tumbuh di sekitarnya, maka tidak mengherankan jika di sekeliling tempat wisata Krabyakan ini maka anda mendapati hamparan sawah yang luas yang menjadikannya pemandangannay sangat indah dinikmati, sekedar informasi tambahan, desa Sumber Ngepoh, dimana wisata Krabayakan berada adalah sentar penghasil beras organik yang cukup terkenal di Kabupaten Malang.



Terapi ikan ikan kecil

Biaya dan Akomodasi Wisata Air Krabyakan Lawang

Meski tempat ini mulai cukup dikenal oleh para wisatawan dari luar kota Malang, namun jika anda menghabiskan waktu liburan di tempat ini, jangan khawatir jika akan menguras kantong anda, karena mulai tiket, tempat parker dan harga makanan dan minuman ditempat ini sangat terjangkau.

Harga tiket masuk: Rp. 5.000,- (Lima Ribu Rupiah)
Harga karcis parkir : Rp. 2000,- (Dua Ribu Rupiah) untu motor dan Rp. 5.000,- (Lima Ribu Rupiah) untuk mobil
Biaya Terapi Ikan : Rp. 2.000,- (Dua Ribu Rupiah)


Sepeda Air yang bisa anda gunakan gratis

Bagi anda yang datang ke tempat ini tidak perlu khawatir jika tidak membawa bekal, karena disini ada beberapa warung yang menyediakan makanan ringan seperti camilan dan makan berat dengan berbagai menunya seperti bakso, ikan bakar dan sebagainya serta minuman ringan dengan harga yang cukup terjangkau. Dengan uang sebesar Rp. 15.000,- anda bisa menikmati semangkok Bakso dan secangkir kopi panas.


Bagi anak-anak bisa mandi bola sepuasanya

Sementara bagi anda yang Muslim, tidak perlu khawatir karena di tempat ini disediakan Musholla yang cukup representative dan toilet dan tempat wudu dengan air yang melimpah ruah.


Mushola yang teduh

Nah, tidakkah anda tertarik berkunjung ke tempat ini?

Atau anda pernah ke tempat ini? Silahkan bagi pengalaman anda di kolom komentar



Foto-foto kiriman kontibutor Hariadi

****



Ingin Jadi Relawan Kontributor? 
Jika anda ingin berkontribusi mengirimkan tulisan dan foto silahkan klik form isian di sini 

atau Langsung Menghubungi Admin?

Silahkan hubungi kontak Admin melalui: 
Email: hmcahyo [at] gmail [dot] com 
Facebook: http://facebook.com/hmcahyo
Whatsapp: Tekan tombol Chat via WA di bawah!



Salam

3 komentar

pengennnn maen ke sana.... :(

jualperumahantulungagung.blogspot.co.id

Min klo dri sn pulang menuju ke stasiun lawang ada kendaraan gak ya?? Or memungkinkan gak ya pake grab?? Mau kesana tp bingung pulang klo gak ada kendaraan ke arah stasiun lawang


EmoticonEmoticon